Rabu, 27 Januari 2010

komputer akuntansi

Salah satu fungsi organisasi yang erat kaitannya dengan keputusan manajemen adalah fungsi akuntansi yang bertanggungjawab mengontrol dan melaporkan kinerja keuangan perusahaan. Agar laporan keuangan dan analisa laporan keuangan yang dihasilkan sesuai dengan karakteristiknya, perlu suatu sitem yang komparatif dan integral dari keseluruhan proses bisnis yang ada.
Dengan menerapkan sistem komputerisasi akuntansi, maka akan mempercepat proses penyajian analisa dan laporan keuangan karena aplikasi komputerisasi akuntansi diciptakan untuk mengotomatisasi transaksi-transaksi akuntansi kedlam sebuah laporan dananalisa laporan untuk mendukung pengambilan keputusan sehubungan dengan keadaan keuangan perusahaan dalam suatu periode akuntansi.
Saat ini telah banyak tersedia aplikasi komputerisasi akuntansi yang integral, diantaranya Myob Premier V.7.5 yang berorientasi pada penggunaan multi user, multi currency dan jaringan. Aplikasi ini diciptakan dengan user friendly denga system pencatatan real time, sehingga mudah menggunakannya dan data yang dihasilkan selalu ter up-date, maka analisa dan laporan keuangan dapat diperoleh dengan akurat, efektif dan efisien.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Judul
Sistem komputerisasi akuntansi merupakan suatu dampak perkembangan ilmu dan teknologi, dimana pencatatan akuntansi secara manual kini digantikan oleh komputer, hal ini tentunya memberikan dampak yang positif dan dampak negatif bagi perusahaan dan sumber daya manusia, yaitu pekerjaan akuntansi menjadi lebih mudah dan cepat serta dapat meminimalisasi kesalahan dalam menyusun laporan keuangan, disisi lain membawa dampak negatif yaitu terjadinya pengurangan tenaga kerja
Laporan Keuangan merupakan proses akhir dari seluruh transaksi yang terjadi pada suatu perusahaan selama periode akuntansi tertentu. Pada umumnya laporan keuangan dibagi atas 3 bagian yakni; 1). Laporan laba-rugi, 2). Laporan Perubahan Modal atau Laporan Laba Ditahan, dan 3). Neraca. Didalam menyusun laporan keuangan ini, diperlukan bukti transaksi dari setiap departemen yang ada di dalam perusahaan, dimana transaksi ituakan dicatat kedalam jurnal umum, setelah itu dikelompokkan ke dalam buku besar disamping membuat jurnal penyesuaian, proses selanjutnya memasukkan perkiraan-perkiraan yang ada pada buku besar kedalam neraca lajur, sehinggaakan diperoleh laporan keuangan.
Dengan melihat dan memahami laporan keuangan, kita bisa mengetahui bagaimana kondisi dan keadaan suatu perusahaan, yang tentunya tidak semua orang bisa mengetahuinya. Hal iniakan menjadi nilai tambah bagi seseorang yang mampu menganalisa laporan keuangan khusunya di dalam mencari pekerjaan, dengan kata lain kemampuan ituakan dicari dan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Lantas langkah apa yang akan diambil untuk dapat memiliki kemampuan seperti itu, tentunya dengan mempelajari dan membahas lebih dalam tentang materi laporan keuangan.
PT. Batam Samudera adalah salah satu perusahaan di kota Batam yang bergerak dibidang jasa logistik atau pengiriman, di dalam menjalankan operasional usahanya, PT. Batam Samudera mampu berorientasi ke seluruh penjuru nusantara bahkan ke penjuru dunia, sehingga di dalam melakukan transaksi tidak jarang pelanggan menggunakan pembayaran dengan mata uang asing, hal iniakan memberikan pengaruh yang cukup besar disaat menyajikan laporan keuangan.
Setelah Penulis melakukan pengumpulan data, yaitu dengan melakukan wawancara dengan pihak perusahaaan pada departemen keuangan, dan mengambil data yang berhubungan dengan keuangan, penulis mencoba mempelajari dan memahaminya, selanjutnya penulis mengemukakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan keuangan pada PT. Batam Samudera sebagai berikut ;
1. Bagaimana sistem komputerisasi akuntansi yang diterapkan oleh PT. Batam Samudera
2. Bagaimana kemampuan PT. Batam Samudera di dalam melakukan pengendalian internal dan eksternal
3. Bagaimana kemampuan PT. Batam Samudera dalam menghadapi kondisi perekonomian yang sedang memburuk
4. Sejauh mana kesanggupan PT. Batam Samudera di dalam menangani masalah Hutang-Piutang perusahaannya
5. Bagaimana tingkat efisiensi kinerja perusahaan bila dilihat dari laporan keuangan dari suatu periode ke periode berikutnya
6. Apakah laporan keuangan yang disajikan oleh PT. Batam Samudera sudah sesuai dengan Prinsip Akuntansi Indonesia
7. Bagaimana pengaruh analisa laporan keuangan dengan pengambilan keputusan pada PT. Batam Samudera
Disamping itu, masih ada pertanyaan lain yang tidak dituangkan oleh penulis, dan untuk menemukan jawaban dari pertanyaan itulah penulis membuat sebuah laporan penelitian dengan judul “ SISTEM KOMPUTERISASI AKUNTANSI DANANALISA LAPORAN KEUANGAN PADA PT. BATAM SAMUDERA “

1.2 Identifikasi Masalah
Dengan mengamati, memahami dan menganalisa data-data yang diperoleh dari tempat diadakan penelitian, maka penulis mengidentifikasi masalah-masalah yang ditemukan sebagai berikut :
a. Bagaimana kemampuan PT. Batam Samudera di dalam menangani masalah hutang-piutang yang terjadi di dalam kegiatan operasional usahanya ?
b. Kebijakan apa yang dilakukan oleh PT. Batam Samudera di dalam memanfaatkan investasi yang ada ?
c. Sejauh mana pengendalian internal dan eksternal yang dilakukan oleh PT. Batam Samudera di dalam memperoleh laba ?
d. Bagaimana trend kinerja PT. Batam Samudera dari suatu periode ke periode akuntansi selanjutnya ?
e. Apakah Laporan keuangan yang disajikan oleh PT. Batam Samudera sesuai dengan Prinsip Akuntansi Indonesia ?
f. Bagaimana kemampuan PT. Batam Samudera untuk bertahan pada saat keadaan perekonomian memburuk ?

1.3 Batasan Masalah
Sehubungan dengan keterbatasan yang dimiliki oleh penulis, baik dari segi waktu, pemikiran dan biaya, maka laporan penelitian ini dibatasi pada pembahasan laporan keuangan PT. Batam Samudera, dengan menggunakan laporan keuangan dalam dua periode akuntansi yakni laporan keuangan tahun 2005 dan tahun 2006. Adapun batasan masalah yang terdiri dari :
a. Perbandingan sistem komputerisasi akuntansi antara aplikasi SOFI Accounting dengan aplikasi MYOB Accounting di dalam menyusun laporan keuangan PT. Batam Samudera
b. Kemampuan PT. Batam Samudera sehubungan dengan analisa laporan keuangan pada neraca dan hubungannya dengan pengambilan keputusan
c. Kemampuan PT. Batam Samudera sehubungan dengan analisa laporan laba-rugi
d. Trend kinerja PT. Batam Samudera dari suatu periode ke periode akuntansi selanjutnya

1.4 Perumusan Masalah
Setelah mengidentifikasi dan membuat batasan terhadap permasalahan yang telah dikemukakan di atas, selanjutnya penulis akan merumuskan masalah-masalah yang akan dikupas tuntas sebagai berikut :
a. Bagaimana perbandingan sistem komputerisasi akuntansi antara aplikasi SOFI Accounting dengan aplikasi MYOB Accounting di dalam menyusun laporan keuangan PT. Batam Samudera ?
b. Sejauh mana kemampuan PT. Batam Samudera sehubungan dengan analisa laporan keuangan pada neraca dan hubungannya dengan pengambilan keputusan ?
c. Sejauh mana kemampuan PT. Batam Samudera sehubungan dengan analisa laporan laba-rugi ?
d. Bagaimana trend kinerja PT. Batam Samudera dari suatu periode ke periode akuntansi selanjutnya ?

1.5 Hipotesa
Dengan bertitik ukur pada data yang sudah berhasil dikumpulkan dan pengamatan yang sudah dilakukan oleh penulis, maka dibuat hipotesa atas perumusan masalah yang sudah ditetapkan pada sub sebelumnya sebagai berikut :
a. Diperkirakan, aplikasi MYOB Accounting lebih efisien dan lebih efektif bila dibandingkan dengan aplikasi SOFI Accounting.
b. Diperkirakan, PT. Batam Samudera tidak mampu melakukan pengendalian internal dan eksternal secara optimal.
c. Diperkirakan, PT. Batam Samudera mempunyai suatu permasalahan pada bagian pemasaran dan penjualan yang mengakibatkan turunnya laba perusahaan dari periode ke periode akuntansi selanjutnya.
d. Diperkirakan, manajemen PT. Batam Samudera tidak mampu mengarahkan kinerja karyawan semaksimal mungkin.

1.6 Tujuan dan Manfaat Penelitian
Dengan menyelesaikan laporan penelitian ini, penulis berharap dapat memberikan tujuan dan manfaat yang positif bagi semua orang yang membacanya, baik kepada penulis sendiri, kepada rekan-rekan mahasiswa, kepada manajemen tempat dilangsungkan penelitian, kepada masyarakat, juga kepada STMIK Putera Batam.

1.6.1 Tujuan Penelitian
1.6.1.1 Tujuan Khusus
Adapun tujuan khusus penyusunan laporan penelitian ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat akademis dalam menyelesaikan pendidikan program Strata-1 STMIK Putera Batam Informatika, juga sebagai alat pelaporan yang sistematis untuk mengilustrasikan kemampuan intelektual mahasiswa secara umum.
1.6.1.2 Tujuan Umum
a. Mengajak masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya untuk menciptakan minat membaca.
b. Memberikan dorongan kepada masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya dalam menciptakan sebuah karya tulis sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

1.6.2 Manfaat Penelitian
1.6.2.1 Bagi Penulis :
a. Sebagai dasar untuk mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan analisis laporan keuangan, sehingga diharapkan dengan penyusunan laporan penelitian ini, akan mampu membimbing penulis menjadi seorang analisis.
b. Sebagai modal dasar untuk membuat karya tulis dimasa yang akan datang.

1.6.1.2 Bagi Pihak Lain :
a. Sebagai bahan referensi khusunya bagi rekan-rekan mahasiswa dalam melakukan pengembangan penelitian dan menambah pengetahuan dalam hal menganalisa laporan keuangan.
b. Sebagai wadah eksperimen bagi perusahaan dimana kesimpulan dan saran yang diberikan oleh penulis dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan khususnya bagi pemakai laporan keuangan dalam pengambilan keputusan..
c. Sebagai dasar bagi STMIK Putera Batam untuk membuktikan kepada masyarakat dan pemerintah, bahwa STMIK Putera Batam merupakan lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan sarjana berpotensi dan mampu berkompetensi dengan perguruan tinggi lain di kota Batam.

1.7 Metodologi Penelitian
Kualitas hasil penelitian tergantung dari data yang diperoleh disamping proses pengolahan data yang dilakukan, karena itu variabel yang dipakai, instrument pengumpulan data, desain penelitian, dan alat-alat analisis yang dipergunakan sangat perlu diperhatikan di dalam menyusun sebuah laporan penelitian, sehingga penulis membuat metode penelitian sebagai berikut :

1.7.1 Jenis data dan variabel
Jenis data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif serta terdiri dari data primer, dimana data primer ini diambil langsung dari tempat di lakukan penelitian, yang terdiri atas :
a. Gambaran umum perusahaan
b. Prosedur yang sedang berjalan
c. Struktur organisasi dan tugas pokok masing-masing divisi
d. Data hasil wawancara, dan
e. Data hasil pengamatan secara langsung oleh penulis

1.7.2 Desain Penelitian
Metode penelitian yang akan dipakai adalah dengan menggunakan metode deskriptif-studi kasus yang memakai desain deskriptif, dan alat-alat analisis laporan keuangan yakni rasio keuangan.

1.7.3 Responden
Yang menjadi responden di dalam melakukan penelitian ini adalah kepala bagian keuangan PT. Batam Samudera beserta staf yang terkait dengan divisi keuangan.

1.7.4 Teknik Pengumpulan Data
Dalam mengumpulakn data digunakan dua teknik, antara lain :
a. Teknik Wawancara, yaitu mengumpulkan data dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada kepala bagian keuangan PT. Batam Samudera dan staf yang terkait pada departemen keuangan.
b. Teknik Observasi, yaitu mengumpulkan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung khususnya terhadap transaksi-tansaksi yang terjadi pada kegiatan operasional PT. Batam Samudera.

1.7.5 Studi Pustaka
Metode ini dilakukan dengan mencari buku-buku dari perpustakaan serta literatur-literatur lain yang telah dipelajari oleh Penulis pada saat mengikuti perkuliahan yang membahas tentang analisa laporan keuangan.

1.7.6 Laboratorium
Dalam menyusun laporan penelitian ini, penulis menggunakan 1 unit komputer Pentium III yang dilengkapi dengan Printer Canon S200SPx, dan 1 unit flash disc dengan kapasitas 1 GB.

1.7.7 Tutorial
Dalam tahap penyelesaian laporan penelitian ini, Penulis banyak melakukan diskusi khususnya dengan Dosen Pembimbing
yang telah ditunjuk oleh Kampus Putera Batam Informatika, selain itu Penulis juga banyak melakukan diskusi dengan para ahli yang ada ditempat penelitian.

1.8 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan merupakan pola umum dalam penulisan laporan penelitian untuk memperoleh bab demi bab, dimana masing masing bab terdiri dari sub-sub sesuai dengan kebutuhan judul seperti diuraikan di bawah ini :
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang pemilihan judul, Identifikasi, batasan dan perumusan masalah, hipotesa, tujuan dan manfaat penelitian, teknik pengumpulan data dan sistematika penulisan laporan penelitian.
BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang teori-teori yang melandasi penyusunan laporan penelitian, yang diambil dari buku-buku dan internet yang tentunya membahas tentang analisa laporan keuangan.
BAB III : GAMBARAN UMUM OBYEK PENELITIAN
Bab ini berisi tentang tinjauan secara umum perusahaan yang menjadi tempat berlangsungnya penelitian, yang meliputi sejarah singkat berdirinya perusahaan, struktur organisasi dan tugas pokok dari setiap divisi dan prosedur kerja perusahaan serta permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan.
BAB IV : ANALISA DAN HASIL PENELITIAN
Bab ini berisi tentang uraian data yang telah diperoleh oleh peneliti, yang kemudian dilakukan pembahasan dan analisa terhadap masalah yang telah dirumuskan pada bab sebelumnya, setelah itu menuangkan hasil penelitian dan interprestasi.
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi tentang kesimpulan yang diambil dari pembahasan dan analisa terhadap permasalahan yang telah dilakukan pada bab sebelumnya, serta saran-saran yang dapat diberikan oleh Penulis kepada perusahaan tempat diadakan penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar